Kursus SEO Tools Cek Ranking Website Di Google

Kursus Seo Terbaik – Perlu Anda ketahui, setiap detik pencarian di mesin pencari google terjadi lebih dari 70 ribu kali. Banyak pemilik website yang sangat di untungkan ketika mereka berhasil masuk pada halam pertama dari hasil pencarian tersebut.

Tidak heran, hal ini telah mengundang banyak pemilik website ingin mengetahui peringkat atau ranking website yang dikembangkan. Saat ini, sudah banyak tools cek rangking website yang bisa Anda gunakan. Namun untuk pemula, mungkin belum memahami keberadaannya.

Dengan bantuan kursus SEO, disini Anda akan lebih mudah dan cepat untuk mengetahui sejauh mana perkembangan website yang sedang Anda buat tersebut. sehingga Anda bisa selalu termotivasi untuk terus maju dan tetap semangat.

Mengapa harus cek ranking website di Google?

Tujuan membuat artikel di sebagian website adalah untuk mendapatkan banyak lalu lintas. Caranya dengan menargetkan salah satu kata kunci dan menampilkan salah satu hasil pencarian Google pada halaman.

Artikel maupun halaman dengan metrik Search Engine Optimization (SEO) yang bagus akan menempati posisi teratas.  Tentu, tidak mudah mengambil tempat pertama dalam hasil pencarian google. Terlebih ketika kata kunci yang ditargetkan memiliki pesaing berat. Tapi bukan berarti tidak mungkin juga.

Caranya adalah memeriksa website di peringkat Google terlebih dahulu. Dimana bisa untuk memastikan posisi terakhir dari artikel dalam hasil pencarian google. Proses verifikasi ini bertujuan untuk memantau kinerja SEO website.

Jika Anda belum menerima peringkat yang baik, maka Anda perlu mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kinerja SEO yang berfungsi pada halaman web. Inspeksi manual mungkin melewatkan beberapa informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat SEO Anda.

Berikut ini adalah beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan peringkat website Anda di Google.

Tools pengecekan peringkat website di Google

  1. SERPROBOT

Ini adalah website yang menawarkan layanan analisis SERP. Pada tahap awal pengembangannya, website web ini memungkinkan Anda untuk melacak pergerakan konten dan kata kunci yang ditargetkan. Nantinya akan berfungsi untuk memeriksa peringkat website dengan hasil akurat dan detail.

Anda bisa memilih negara atau lokasi target tertentu. Anda juga dapat melihat langsung peringkat lebih dari 10 kata kunci, dan bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Jadi mengapa tidak memeriksa peringkat website Anda di Google sekarang?

  1. What’s My SERP

Selanjutnya ada What’s My SERP. Tools ini dapat Anda gunakan untuk memeriksa peringkat website di Google. Anda bisa menginput lebih dari 10 kata kunci secara bersama untuk melihat peringkat. Dengan masukkan domain yang Anda kelola, atau kata kunci bertarget, Anda bisa langsung melihatnya.

Sistem What’s My SERP akan secara otomatis mencari dan menganalisis posisi website berdasarkan kata kunci yang dimasukkan sebelumnya. Sehingga pengguna bisa langsung menganalisis peringkat berdasarkan negara target.

  1. SERPChecker

Dibandingkan beberapa tools gratis lainnya, SERPChecker merupakan salah satu tools yang menawarkan informasi lengkap tentang pemeriksaan peringkat dan ini gratis. Tetapi penggunaan akan memiliki akses terbatas. Dimana hanya bisa melakukan pencarian 5 kali dalam sehari.

Proses ini bisa dilakukan dengan memasukkan salah satu kata kunci yang ingin ditargetkan. Bisa juga dengan lokasi dan target perangkat. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan dengan pesaing lain. Dan bisa melakukan analisis fungsi SERP dalam hasil pencarian di Google.

  1. Google Search Console

Google Search Console, atau biasa disebut sebagai Google Webmaster Tools menjadi tools andalan yang menawarkan pengguna untuk meningkatkan website mereka. Dengan begitu dapat bekerja lebih baik di persaingan mesin pencari Google.

Selain itu kursus seo terbaik, Anda juga bisa melihat kinerja website dalam hasil pencarian, tayangan, klik, peringkat, dan lainnya. Tools ini memungkinkan Anda untuk menambahkan sitemap XML yang dapat membantu Google mengenali website Anda lebih baik dari pengalaman sebelumnya.

Anda juga bisa langsung menuju ke halaman Google Search Console untuk dapat menggunakannya langsung melalui Gmail. Tetapi, ketika Anda ingin menggunakan tools ini, maka wajib mengunggah file HTML ke website dan memverifikasinya.

Google Search Console bisa Anda nikmati secara gratis, namun memiliki beberapa batasan dalam penggunaannya. Dan terkadang tidak mampu berikan informasi lebih detail. Tapi, dengan menggunakan fungsi-fungsi di dalamnya, Anda bisa menikmati pengalaman berbeda.

  1. Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu aplikasi SEO populer bagi professional website. Tools ini menyediakan tampilan antarmuka sederhana, mudah, dan menawarkan informasi yang mudah dipahami, bahkan untuk pengguna baru.

Dalam proses melakukan analisis cukup sederhana dan instan. Dimana Anda cukup memasukkan domain Anda di bidang pencarian, dan tools ini secara otomatis menganalisis informasi terkait tentang kualitas website dan akan memperlihatkan grafik detail.

Peringkat kata kunci dapat ditemukan di bagian laporan. Anda juga dapat melihat hasil volume pencarian, posisi peringkat kata kunci, kepadatan kata kunci dan masih ada lainnya.

  1. SEMRush

Terakhir ada SEMRush. Tool ini adalah salah satu alat untuk meningkatkan SEO dan penelitian kata kunci yang akurat. SEMRush  menawarkan beberapa fitur analisis SEO yang dapat Anda Andalkan.

Seperti layaknya Ahrefs, SEMRush dibekali dengan fungsi menarik. Dimana  memungkinkan Anda untuk mengevaluasi efektivitas website. SEMRush juga dapat menampilkan peringkat kata kunci dari berbagai website dengan informasi yang lengkap.

Jadi Anda bisa memanfaatkan tools ini untuk pemasaran, sehingga website Anda dapat muncul pertama kali dalam hasil pencarian google. Namun, SEMRush juga memiliki fungsi lain yakni dapat untuk membandingkan website Anda dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *